Wednesday, November 28, 2018

Perbedaan Orang yang Suka Bangun Pagi dan Bangun Siang

 Bangun Pagi
Aktivitas dan kegiatan sehari yang beragam, akan sangat menyedot kekuatan kita. Tidak cukup hingga sore atau menjelang malam, bahkan kerjaan yang dilakukan bisa saja memakan waktu hingga larut malam. Karena tenaga yang sudah terkuras sepanjang hari, tubuh akan kelelahan dan membutuhkan istirahat untuk mengisi kembali tenaga yang ada. Tidur adalah cara yang sangat ampuh untuk memulihkan kondisi yang sudah habis. Hal ini akan memberikan rasa nyaman pada tubuh, sehingga tidak jarang membuat kita untuk malas bangun pagi.

Karena terlalu lelahnya, biasanya hal ini akan menjadi alasan yang tepat untuk tidak bangun pagi dan memilih bangun agak siangan. Padahal, walaupun selelah apapun yang Anda rasakan, bangun lebih pagi tidak akan mengurangi kebugaran yang akan dirasakan tubuhmu. Malah, bagun sebelum matahari menjelang akan semakin menambah sehat dan meningkatkan aktivitas tubuhmu, untuk menyongsong kembali aktivitas di hari esok.
Bangun Pagi
Sebenarnya, ada perbedaan besar yang terjadi pada diri seseorang saat dia bangun di pagi hari dan di siang hari, yaitu:
  • Saat Anda bangun pagi, kadar cortezon darah mengalami peningkatan yang signifikan, yakni sekitar 7-22 makrogram/100 ml plasma. Hal ini sangat berbeda seseorang yang memilih bangun siang, dengan perbedaan kadar cortezon yang sangat tinggi. Perlu Anda ketahui, cortezon merupakan senyawa ajaib yang dihasilkan oleh tubuh, yang dapat memberikan vitalitas tubuh untuk mememnuhi energi yang dibutuhkannya.
  • Orang yang bangun di pagi hari akan meningkatkan mood. Hal ini dikarenakan, kadar oksigen di pagi hari masih tinggi dan membantu meningkatkan vitalitas tubuh. Sedangkan jika Anda bangun di siang hari, matahari yang sudah menampakan wajahnya, rasa panas yang timbul, akan merusak mood hari Anda.
  • Bangun di pagi hari akan membuatmu sempat berolahraga untuk meningkatkan kebugaran badan dan membakar kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Berbeda jika Anda memilih untuk bangun siang atau menjelang jam kerja, perasaan lesu pasti masih terasa dan semua yang dilakukan akan terburu-buru.
Masih ada banyak lagi yang membedakan seseorang yang memilih bangun pagi daripada bangun siang. Padahal, banyak manfaar yang bisa dirasakan saat Anda bangun lebih dulu sebelum mentari menyapa. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment