Friday, November 9, 2018

Manfaat Dari Perkembangan Teknologi Komunikasi Serta Informasi


Teknologi komunikasi serta informasi ialah teknologi yang sangat dibutuhkan dalam mengolah informasi dengan memakai komputer elektronik, perangkat komunikasi serta aplikasi perangkat lunak guna mengkonversi, melindungi, memproses, menyimpan, mengirimkan dan memanggil kembali informasi dimana pun dan kapan pun.

Kehadiran teknologi komunikasi sangat beragam dan informasi yang kita pakai saat ini bukanlah hasil kerja singkat semalam seperti cerita legenda Candi Prambanan. melainkan merupakan hasil kerja keras selama berabad-abad lamanya yang ditorehkan oleh para ahli. 

Melalui tahapan sejarah perkembangan teknologi komunikasi serta sejarah perkembangan teknologi informasi. terlihat dari perkembangan teknologi komunikasi serta informasi dari masa ke masa berjalan dengan sangat cepat.

Adapun beberapa manfaat dari kemajuan teknologi komunikasi serta informasi bagi manusia adalah sebagai berikut :

1. Berkomunikasi menjadi lebih cepat dan mudah

Manfaat dari kemajuan teknologi serta informasi yang pertama ialah memudahkan juga mempercepat komunikasi. Kehadiran teknologi komunikasi serta informasi baru telah menjadi revolusi komunikasi di seluruh wilayah dunia. Pada masa lalu, dibutuhkan waktu yang begitu lama untuk mendapatkan dan mengirimkan pesan kepada orang lain. sekarang komunikasi bisa dilakukan dengan sangat cepat dan mudah. berkat adanya internet untuk media komunikasi. Melalui jaringan internet yang cepat, kita bisa berkomunikasi melalui pesan elektronik, konferensi video call, komunikasi secara cepat sehingga hemat waktu dan biaya.

2. Memudahkan untuk akses informasi

Selain mendapatkan kemudahan dalam berkomunikasi, adanya internet juga memberikan kemudahan ketika mengakses informasi. Sekarang kita dengan mudah bisa mengakses dan memperoleh informasi yang kita inginkan. Juga informasi berita dengan mudah dimana pun dan kapan pun. Kemudahan dalam mengakses informasi memberikan dampak yang semakin meningkatnya pengetahuan yang dimiliki.

3. Memangkas biaya dan mempersingkat waktu

Dalam wilayah industri, waktu serta biaya sangat penting untuk produksi. Sebelum muncul teknologi komunikasi serta informasi, produksi dilakukan dengan manual serta membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit karena bergantung pada tenaga manusia.

Itulah tadi manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi serta informasi. Semoga dengan kemudahan mengakses dunia internet kita juga semakin bijak dalam menggunakannya. Dan tidak terjerumus dalam hal-hal yang negative.

No comments:

Post a Comment