Wednesday, September 13, 2023

5 Aspek Perkembangan Bayi yang Perlu Anda Kenali



Perkembangan Si Kecil merupakan salah satu tahapan yang paling dinantikan orang tua. Setiap hari selalu ada perubahan dan kemampuan baru yang terjadi pada Si Kecil. Sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui setiap aspek perkembangan bayi. Penasaran? Simak artikel ini sampai selesai!

Aspek Perkembangan Bayi yang Perlu Dikenali

Berikut ini merupakan berbagai aspek perkembangan yang perlu Anda kenali:

1. Aspek Perkembangan Motorik

Kemampuan motorik merupakan kemampuan bayi dalam menggerakkan anggota tubuh. Seiring bertambahnya usia bayi, perkembangan motorik juga akan semakin meningkat. Mulai dari tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, berjalan, lalu melompat. Anda perlu melatih kemampuan motorik dengan memberikan stimulasi misalnya mainan, gerakan fisik, dan lain sebagainya.

2. Aspek Bahasa

Kemampuan berbahasa adalah kemampuan yang akan digunakan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain. Si Kecil akan belajar berkomunikasi dan mengolah secara bertahap. Mulai dari mengucapkan kata tidak jelas, mengucapkan kata secara berulang, hingga mampu menggabungkan kata menjadi kalimat.

3. Aspek Keterampilan Bereaksi

Salah satu aspek perkembangan Si Kecil yang tidak boleh Anda lewatkan adalah aspek keterampilan bereaksi. Reaksi ini misalnya ketika bertemu dengan orang asing, diajak bercanda, ditinggal orang lain, dan lain sebagainya. Perhatikan bagaimana bayi bereaksi terhadap setiap hal yang terjadi. 

4. Aspek Keterampilan Bereksplorasi

Selain aspek keterampilan bereaksi, Anda juga harus memperhatikan aspek keterampilan bereksplorasi. Bagaimana Si Kecil bisa berjelajah dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitar. Biasanya, bayi memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga suka bereksplorasi. Biarkan Si Kecil bereksplorasi untuk meningkatkan perkembangannya.

5. Aspek Sosial

Aspek terakhir yang perlu Anda kenali agar bisa memantau perkembangan Si Kecil adalah aspek sosial. Contoh perkembangan dari aspek sosial yaitu bagaimana bayi mengenali jenis suara, wajah orang terdekat, menoleh saat dipanggil namanya, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah informasi mengenai aspek perkembangan bayi yang perlu Anda pantau. Agar perkembangannya berjalan dengan baik, jangan lupa berikan popok yang nyaman. Rekomendasinya yaitu MAKUKU SAP Diapers dengan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi tersebut membuat popok lebih tipis namun mampu menampung cairan yang banyak. Jangan ragu memilih MAKUKU SAP Diapers. 

No comments:

Post a Comment