Sunday, October 30, 2016

Makanan yang Berperan untuk Membantu Anak Menjadi Cerdas


Pada hakikatnya menjadi anak cerdas merupakan sebuah ketentuan yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada setiap makhlukNya. Namun, sebagai manusia, khususnya kedua orang tua sudah semestinya berusaha semaksimal mungkin dalam merawat dan mendidik si kecil agar tumbuh dengan sehat dan cerdas. Selain stimulasi dan kasih sayang dari orang tua, tingkat kecerdasan anak juga bisa dipengaruhi oleh asupan gizi yang diberikan orang tua terhadap kecil selama dalam masa tumbuh kembangnya. Makanan yang bergizi memang penting diberikan kepada anak agar fisik dan otaknya dapat tumbuh secara optimal dan tumbuh menjadi anak yang sehat. 

Makanan dapat memberikan energi pada anak dan bisa mempengaruhi tumbuh kembang otak dan fisik anak, termasuk tingkat kecerdasan yang dimilikinya. Untuk melengkapi gizi pada anak, bunda bisa memberikan makanan-makanan yang mengandung : Karbohidrat, yang terdapat pada nasi, kentang, ubi, jagung, sereal, roti, dan sebagainya. Makanan yang mengandung karbohidrat ini biasanya menjadi porsi terbesar dalam makanan yang disajikan untuk si kecil. Sumber protein hewani dan nabati, seperti terdapat pada ikan terutama ikan salmon yang paling banyak mengandung omega 3, DHA, dan EPA yang sangat bermanfa;at dalam meningkatkan perkembangan otak si kecil. 

Selain itu juga terdapat pada telur, ayam, tempe, dan tahu. Sebelum memberikan makanan yang bersumber protein ini, orang tua sebaiknya mengetahui apakah anak anda mengalami alergi terhadap salah satu makanan ini atau tidak, agar tidak mengganggu kenyamanan si kecil. Sumber vitamin dan mineral, seperti sayur hijau dan buah-buahan yang sangt penting dalam sistem pencernaan buah hati anda. Alangkah baiknya, jika orang tua menghindarkan anak dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam, gula,atau pemanis buatan yang kurang baik untuk kesehatan si kecil.

Sebagai pelengkap dari nutrisi yang diperlukan oleh si kecil, anda juga bisa memberikannya susu dancow yang tersedia dalam varian sesuai dengan usia anak. Jadikan susu dancow teman sarapan si kecil di setiap pagi dan jadilah anak cerdas yang sehat dan ceria di setiap waktu.